Apa Saja Alat Wajib Saat Mendaki Gunung? Wajib Tahu untuk Pemula

Jejak Traveling

alat wajib saat mendaki gunung

Hidup di alam bebas pada saat hiking memerlukan persiapan matang termasuk membawa alat wajib saat mendaki gunung.

Alat yang wajib dibawa saat mendaki harus memenuhi standar keamanan. Standar ini penting mengingat medan pendakian yang cukup ekstrim dan kondisi alam pun sulit untuk diprediksi.

Lalu, apa saja alat wajib saat mendaki gunung? Berikut daftar perlengkapan yang harus Anda siapkan.

10 Alat Wajib Saat Mendaki Gunung Agar Pendakian Aman dan Lancar

Ransel Gunung atau Carrier 

Berbeda dengan ransel biasa, ransel gunung atau dikenal dengan carrier didesain sedemikian rupa untuk dapat menampung beban yang banyak namun tetap nyaman digunakan.

Jangan paksakan menggunakan tas biasa untuk membawa perlengkapan mendaki karena bisa menimbulkan resiko cedera punggung.

Pilihlah ransel gunung dengan bantalan tebal yang dapat membuat bahu maupun punggung nyaman saat menggunakannya.  

Jaket Gunung

Jaket gunung berfungsi untuk melindungi tubuh dari dinginnya hawa gunung yang terus menurun seiring dengan bertambahnya ketinggian yang Anda daki.

Tak hanya itu, jaket gunung pun dapat melindungi Anda dari tumbuhan berduri yang terkadang Anda temui di area trekking.

Jas Hujan atau Ponco

Meski jaket gunung terbuat dari bahan waterproof, namun fungsi jas hujan tidak tergantikan terlebih saat Anda menghadapi hujan lebat.

Selain digunakan saat hujan, jas hujan Ponco dapat Anda gunakan untuk membuat tenda darurat atau bivak.

Kaos Kaki

Kaos kaki penting untuk dibawa untuk membuat kaki tetap hangat dan nyaman. Selain untuk melapisi kaki saat menggunakan sepatu, kaos kaki dapat Anda gunakan pada saat tidur. Kaki merupakan salah satu titik panas tubuh. Dengan menggunakan kaos kaki, Anda dapat menjaga suhu tubuh selama beristirahat.

Sepatu dan Sandal Gunung

Pendakian merupakan aktivitas yang sangat mengandalkan kaki, karenanya Anda membutuhkan alas kaki yang nyaman sepanjang pendakian.

Anda dapat membawa sepatu gunung dan sandal gunung. Keduanya memiliki fungsi yang tidak bisa saling menggantikan.

Gunakan sepatu gunung saat kegiatan mendaki. Sepatu gunung dirancang dengan perlindungan penuh sehingga cocok melintasi trekking yang memiliki medan yang bervariasi.

Sedangkan sandal gunung dapat Anda gunakan saat beristirahat di Basecamp, agar kaki dapat beristirahat dan bernafas lebih lega. Hindari menggunakan sandal gunung untuk mendaki karena dapat meningkatkan resiko cedera kaki.

Sarung Tangan dan Penutup Kepala

Anda dapat melindungi tangan Anda dari duri atau gigitan binatang dengan mengenakan sarung tangan. Selain itu sarung tangan dapat menahan panas sehingga tubuh Anda tetap hangat.

Penutup kepala pun penting untuk dibawa untuk menghalau gangguan serangga yang kadang berdengung di telinga sehingga mengganggu perjalanan Anda 

Tenda

Tenda merupakan tempat istirahat bagi para pendaki. Pilihlah tenda double layer yang memiliki sirkulasi udara yang lebih bagus dan tahan terhadap angin maupun hujan.

Selain itu pastikan kondisi tenda sebelum berangkat. Jangan sampai ada robekan-robekan ataupun jahitan yang terlepas karena beresiko rembes terlebih saat Anda mendaki pada musim hujan.

Pertimbangkan kapasitas tenda agar Anda tidak membawa tenda yang terlalu besar karena memiliki bobot yang lebih berat sehingga menambah beban dan memakan tempat.

Sleeping Bag

Menjelang dini hari suhu umumnya turun drastis. Menggunakan sleeping bag akan membuat Anda tetap hangat meski cuaca menurun tajam saat dini hari.

Menciptakan kondisi yang nyaman untuk istirahat sangat penting. Istirahat yang cukup dapat mengembalikan energi dan semangat untuk melanjutkan rute pendakian.

Agar istirahat Anda nyaman, pilihlah sleeping bag berbahan polyester yang mampu menahan panas dengan baik dan memiliki bobot ringan.

Matras

Selanjutnya, Anda wajib membawa matras yang dapat digunakan sebagai alas saat beraktivitas di luar tenda, seperti saat makan bersama. Matras pun dapat digunakan sebagai alas saat memberikan pertolongan pertama.

Nesting

Nesting atau set masak penting untuk mengolah logistik sehingga kebutuhan energi dapat dipenuhi. Satu set nesting terdiri dari gas dan kompor, jangan lupa juga untuk membawa kitchenware yang ringkas agar tidak memakan tempat packing.

Dan yang terpenting, siapkan perbekalan secara cermat untuk mengantisipasi kekurangan makanan yang akan berakibat fatal.

Demikian daftar 10 alat wajib saat mendaki gunung yang harus Anda bawa agar kegiatan mendaki aman dan lancar.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment