Cappadocia; Balon Udara di Negeri Sultanim

Jejak Traveling

Cappadocia

Anda pasti sudah tidak asing dengan salah kota di Turki yang amat terkenal dengan wahana balon udara, Cappadocia. Tempat ini punya sejarah yang panjang. Selain itu, kotanya memiliki lanskap yang unik di mana penuh dengan batuan karts berwarna putih.

Daftar Tempat Menarik di Cappadocia

Sebagai kota uang recommended untuk tempat liburan di Turki. Ada beberapa wisata yang Harus Anda datangi saat berkunjung kesini. Lokasi yang berada diantara pegunungan vulkanik ini nyatanya punya banyak tempat bersejarah yang indah.

Goreme National Park

Menilik beberapa majalah travel, Goreme merupakan salah satu desa terindah di dunia. Bagaimana tidak pengunjung akan tahu bahwa sebagian wilayah desa ini terletak di bawah tanah. Di sini juga terdapat bebatuan besar dengan berbagai bentuk. Mulai dari jamur, topi, dan cerobong asap.

Sebenarnya batuan tersebut adalah sisa-sisa dari bangunan penduduk yang kemudian mengalami pelapukan. Menyisakan batuan unik yang bernama Land of Fairy Chimney. Karena pemandangan eksotis itulah, Goreme National Park jadi lokasi bagus untuk naik balon udara.

Underground City Kaymakli

Obyek wisata di Turki sendiri memang penuh sejarah. Seperti kota bawah tanah Kaymakli yang terletak di Cappadocia. Sebenarnya tempat ini mulai dibuat pada jaman perunggu. Namun baru terkenal di abad ke 6 dan 7. Underground City Kaymakli dan Derinkuyu, sebenarnya adalah tempat persembunyian.

Umat kristiani tinggal di kota tersebut dalam waktu cukup lama untuk menghindari penjajah Belanda dan Persia. U tuk Kaymakli sendiri memang merupakan kota bawah tanah terbesar di sini. Dengan 8 tingkat menuju lapisan bumi.

Red and Rose Valley

Red and Rose Valley sendiri memang punya barisan batuan tebing yang permukaannya berwarna merah. Akan nampak lebih indah ketikan terkena cahaya matahari. Biasanya tempat ini juga titik cantik untuk terbang dengan balon udara.

Namun jika ingin lebih hemat, pengunjung bisa mendaki untuk melihat Red and Rose Valley dari ketinggian. Ada beberapa jalur pendakian untuk turis. Meski begitu medannya memang cukup menyulitkan. Opsi lainnya Anda bisa berkuda menikmati eksotisme tebing.

Uchisar Castle

Selanjutnya ada tempat bersejarah Uchisar Castle yang berada di titik tertinggi kota tersebut. Kasti batu ini berada si Jl Nevsehir – Goreme. Jika menempuh rute dari Goreme, jaraknya hanya 5 km saja.

Kastil yang satu ini kabarnya sudah ada sejak zaman Romawi. Fungsinya sendiri adalah sebagai benteng pertahanan. Itulah kenapa saat berkunjung, Anda bisa melihat berbagai ruangan yang digunakan sesuai kebutuhan.

Goreme Open Air Museum

Berkunjung ke Turki, jangan sampai melewatkan destinasi wisata unik Open Air Museum. Di mana museum tersebut memang berada di ruangan terbuka. Di sini ada gereja kuno juga gua yang sudah ada sejak abad ke 10.

Ada sekitar 14 gereja di sini, namun tempat tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Sebab telah beralih fungsi menjadi museum sejak 1960. Perlu Anda ketahui, di sini ada berbagai ukiran atau lukisan kisah Injil yang tergambar di dinding gereja. Namun pengunjung tidak boleh mengambil gambar.

Zelve Open Air Museum

Hampir sama seperti sebelumnya, Zelve Open Air Museum juga penuh dengan tebing batu dengan celah goa yang unik. Ada pula gereja yang jumlahnya tidak sebanyak di Goreme. Museum ini bisa Anda jelajahi lebih leluasa sebab punya topografi yang menarik.

Pengunjung boleh mengambil foto di bagian luar dari tebing tersebut. Nampak liarnya saja sudah sangat mengagumkan.

Ihlara Valley

Jika sebelumnya membahas mengenai tempat wisata yang berbatu namun menawan. Saatnya pergi ke Ihlara Valley, canyon dengan panorama super indah. Di sinilah lembah hijau yang dikelilingi oleh tebing tinggi. Letaknya sendiri berada di ngarai sedalam 100 m.

Jika Anda melihatnya dari atas, akan nampak hamparan hijau dengan bebatuan yang sesekali menyembul keluar. Terdapat anak tangga panjang jika ingin menyusurinya lebih jauh. Selain itu, di sini juga ada sungai jernih yang mengalir deras.

Itulah daftar wisata di Cappadocia yang unik nan eksotis. Tempat indah dan bersejarah yang makin mempesona jika dilihat dari atas ketinggian.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment