Macam Jenis Makanan yang Cocok Dibawa Saat Mendaki

Jejak Traveling

makanan saat mendaki gunung

Kegiatan mendaki gunung membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Untuk menghasilkan energi yang mumpuni, Anda harus mempersiapkan jenis makanan yang cocok saat mendaki.

Makanan berenergi tinggi tentu akan mendukung stamina tubuh untuk dapat melewati medan pendakian yang menanjak dengan jarak yang panjang.

Oleh karena itu, strategi logistik baik itu kuantitas dan jenis makanan wajib disiapkan agar energi tetap terjaga hingga pendakian berakhir 

Sarat Energi, Ini Dia Jenis Makanan yang Cocok untuk Bekal Mendaki

Persiapan bekal mendaki adalah hal mendasar yang harus diperhatikan saat Anda akan naik gunung. Tak hanya praktis, Anda pun membutuhkan makanan yang dapat menyumbang energi tinggi agar stamina terjaga sepanjang pendakian.

Berikut rekomendasi daftar jenis makanan yang cocok untuk dibawa saat mendaki:

Beras

Saat akan mendaki dengan kurun waktu yang lama, maka beras menjadi salah satu bahan pokok yang patut dipertimbangkan untuk dibawa.

Beras merupakan sumber karbohidrat menjadi pilihan yang tepat sebagai sumber energi. Energi inilah yang akan mengantarkan Anda ke puncak gunung yang menjadi tujuan Anda.

Oatmeal

Selain beras, oatmeal dapat dijadikan makanan alternatif sebagai sumber energi saat mendaki. Disamping itu, oatmeal pun memiliki kandungan serat yang lebih tinggi sehingga memberikan rasa kenyang yang tahan lebih lama.

Agar lebih praktis, Anda dapat memilih oatmeal instan sebagai bekal pendakian. 8 sendok oatmeal mampu menyumbangkan energi sebesar 240 kalori yang bermanfaat untuk memberikan tenaga untuk melanjutkan perjalanan.

Sosis dan Nugget

Sosis dan Nugget menjadi salah satu menu pelengkap yang cocok dihidangkan dengan nasi. Tak hanya asupan karbohidrat, Anda akan mendapatkan sumber protein dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Anda dapat mengolah sosis dengan cara digoreng ataupun dipanggang. Nikmatilah sosis ataupun nugget dengan karbohidrat agar kebutuhan kalori Anda terpenuhi secara optimal.

Sarden Kaleng Berbumbu

Meski sedang naik gunung, Anda tetap dapat menikmati makanan yang enak. Salah satu contohnya adalah menikmati sarden atau ikan tuna yang dimasak dengan irisan cabai untuk meningkatkan selera makan.

Makanan kaleng seperti sarden memiliki cara penyajian yang praktis. Tak hanya praktis, sarden menyumbang vitamin, mineral dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Abon

Abon menjadi salah satu bekal praktis untuk mendaki. Selain itu, abon memiliki bentuk yang ringkas sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Menikmati abon dengan nasi hangat dapat memulihkan energi dan menjaga stamina saat mendaki. Terlebih abon memiliki rasa yang lezat dan tentunya memiliki kandungan protein, vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Cereal Bar

Salah satu makanan instan yang memiliki kalori tinggi adalah cereal bar. Makanan ini cocok untuk dijadikan pelepas lapar saat sedang mendaki.

Rata-rata cereal bar memiliki kandungan kalori sekitar 170 kalori, jumlah yang cukup untuk memulihkan tenaga di tengah pendakian.

Selain mampu mengembalikan energi, cereal bar cukup mengenyangkan dibandingkan dengan snack atau kue biskuit loh!

Sup Krim atau Bubur Ayam Instan

Anda dapat membawa makanan instan berupa sup krim atau bubur ayam saat naik gunung. Bubur ayam instan menyumbang sekitar 190 kalori sehingga lebih cocok dikonsumsi menjelang istirahat setelah perjalanan mendaki.

Selain memberikan sumbangan energi yang cukup, cara pengolahan kedua makanan instan ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan air panas dan mengaduknya hingga kental. 

Makanan hangat dan gurih khas makanan instan akan membuat suasana dingin di pegunungan menjadi lebih hangat dan menyenangkan. 

Kurma, Madu, dan Coklat

Siapkan cemilan berupa kurma, madu atau coklat untuk mengganjal perut kala rehat di tengah pendakian. 

Cemilan tersebut merupakan sumber kalori yang dapat memulihkan tenaga untuk melanjutkan pendakian. 

Selain itu, baik kurma, madu dan coklat tersedia dalam kemasan praktis yang memudahkan untuk dikonsumsi saat beristirahat. Bahkan ketiga jenis makanan tersebut tersedia dalam bentuk cair yang semakin mudah untuk dinikmati sembari berjalan. 

Jenis Makanan yang cocok dibawa saat mendaki hendaknya dapat memenuhi kebutuhan energi untuk menuntaskan pendakian. 8 daftar makan di atas mewakili jenis makanan dengan kandungan kalori tinggi dan memiliki cara penyajian yang praktis serta mudah untuk dikonsumsi.

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment