Padang Bai Harbour, Pelabuhan Air yang Jernih

Jejak Traveling

Padang Bai Harbour

Padang Bai Harbour merupakan pelabuhan yang ada di Karangasem Bali. Tempat ini juga menjadi pantai yang jalurnya kerap digunakan untuk penyeberangan Bali – Lombok. Ini adalah rute tercepat jika ingin berlibur ke Nusa Penida atau Gili Trawangan.

Pelabuhan Padang Bai dan Pesonanya

Perlu Anda ketahui pelabuhan Padang Bai memang selalu ramai dengan aktivitas penyeberangan. Sebenarnya Padang Bai merupakan nama desa yang ada di Timur Bali. Selanjutnya menjadi nama pelabuhan yang ada di wilayah tersebut.

Pelabuhan yang satu ini diapit oleh bukit serta area pantai. Biasanya tempat ini ramai pengunjung yang ingin ke Gili Trawangan Lombok. Transportasinya bisa menggunakan fast boat atau kapal feri. Pemandangan lautnya sungguh memukau dengan jajaran kapal nelayan yang tidak jauh dari bibir pantai.

Selain pelabuhan, Padang Bai juga lengkap dengan berbagai fasilitas lainnya. Misalnya restoran, penginapan, dan sebagainya. Ada dua pantai yang dekat dengan pelabuhan yaitu Pantai Blue Lagoon dan Pantai Bias Tugel.

Rute dan Kendaraan Menuju Pelabuhan Padang Bai

Bagi Anda yang ingin mencari rute terbaik menuju pelabuhan Padang Bai, bisa melalui bandara Ngurah Rai. Dari airport tersebut membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Jarak tempuhnya sendiri kurang lebih 55 km. Ini kendaraan yang bisa Anda tumpangi sampai ke pelabuhan.

  1. Taksi

Taksi adalah transportasi yang cukup mudah ditemukan untuk menuju lokasi pelabuhan. Karena lokasinya yang cukup jauh, butuh biaya hingga Rp 500.000 untuk sekali tumpangan menuju Padang Bai.

  1. Shuttel Bus

Selanjutnya adalah menggunakan shuttel bus seperti Perama. Kendati demikian kendaraan ini harus melalui pemesanan sehari sebelum keberangkatan. Transportasi ini bisa melakukan penjemputan langsung ke Airport.

  1. Sewa Mobil

Sewa mobil menuju Padang Bai Harbour termasuk yang paling terjangkau. Biasanya pihak jasa akan memberikan opsi jangka waktu. Mulai dari perjam, harian hingga mingguan.

Daya Tarik Padang Bai

Aktivitas di pelabuhan memang cukup sibuk. Apalagi lokasinya memang dekat dengan berbagai tempat yang mempesona. Bali dan Lombok merupakan dua wilayah berbeda yang menyimpan keindahan alam memukau. Mulai dari pemandangan alam hingga lautnya begitu berkesan.

  1. Hamparan Laut Biru

Padang Bai tidak hanya berfungsi sebagai pelabuhan tapi juga tempat wisata. Pasalnya di sini Anda bisa menemukan pemandangan laut serta hamparan pantai yang indah. Pasir putihnya seolah mengajak wisatawan untuk bermain.

Selain alamnya yang indah, Padang Bai juga terkenal menjadi lokasi suting film luar negeri berjudul Eat, Pray and Love. Saksikan tebing batu menawan juga jajaran pepohonan hijau memanjakan mata. Dijamin betah berada disini.

  1. Dua Pantai di Timur dan Barat

Nah, sebelumnya ada informasi mengenai dua pantai yang lokasinya dekat dengan pelabuhan. Di bagian Timur ada tempat terkenal Pantai Blue Lagoon atau Pantai Padang Bai. Disebut demikian karena lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan.

Sedangkan di sisi Barat ada Bias Tugel yang memiliki tekstur pasir lebih lembut dari Blue Lagoon. Selain itu, air lautnya juga berwarna biru dan jernih. Pastikan untuk mengunjungi pantai ini juga saat berada di Padang Bai.

  1. Snorkeling Alam Bawah Laut

Ada banyak aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan ketika berada di kawasan ini. Salah satunya adalah snorkeling alam bawah lautnya yang memukau. Laut yang menghubungkan dua provinsi ini memang memiliki jutaan pesona.

Namun kegiatan tersebut membutuhkan pemandu. Jelajahi keindahan bawah lautnya. Tempat di mana ikan dan terumbu karang menjadi ekosistem yang mengagumkan. Anda juga bisa diving di bagian timur Padang Bai yang merupakan spot terbaik bagi penyelam.

  1. Berjemur

Berjemur merupakan kegiatan yang menjadi favorit para turis mancanegara. Di sini mereka biasa bersantai di atas tikar atau menyewa kursi pantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Meski cukup terik angin laut dapat memberi kesegaran tersendiri.

Ada pula hal menarik lainnya yaitu banyaknya batu hitam yang berada di kawasan pantai. Batu tersebut seolah menjadi ciri khas dari tempat ini.

Itulah beberapa ulasan mengenai Padang Bai Harbour. Bukan sekedar pelabuhan tapi juga tempat wisata yang menarik. Lengkap dengan berbagai fasilitas untuk pengunjung yang ingin melakukan aktivitas ekstrim.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment