Pura Penataran Agung Lempuyang; Landscape Alam Bali

31 Dilihat

Pura Penataran Agung Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang merupakan tempat ibadah orang hindu yang sudah populer di kalangan wisatawan. Bahkan seluruh warga Bali selalu antusias untuk melakukan persembahyangan di pura tersebut. Menjadi tujuan populer di Bali Timur, tempat ini istimewa.

Pura Penataran Agung Lempuyang

Pura Lempuyang terletak di kawasan Gunung Lempuyang yang dikelilingi oleh banyak pura lainnya. Diantaranya Pura Madya Lempuyang, Pura Lempuyang Luhur, juga Pura Agung Lempuyang. Pura Penataran Agung sendiri terletak dekat dengan area parkir kendaraan.

Pengunjung hanya perlu berjalan sejauh 200 m untuk sampai di titik lokasi. Trekkingnya sangat berbeda dengan Pura Lempuyang Luhur yang harus naik sampai 1700 anak tangga. Pura Agung Lempuyang punya obyek yang sangat populer.

Yaitu adanya penampakan gerbang surga atau the gate of heaven. Wisatawan rela mengantri untuk mendapatkan gambar epik di sisi ini. Pura Agung Lempuyang mulai populer sejak adanya postingan orang yang berfoto di sebuah gapura dengan pemandangan Gunung Agung.

Asal-usul Nama Pura Lempuyang

Sebagai tempat ibadah umat Hindu, Pura Lempuyang juga sarat akan sejarah. Bahkan ada beberapa legenda yang menyelimuti tempat ini. Mulai dari asal-usul penamaan pura. Nah, kata Lempuyang sendiri berasal dari dua kata yaitu Lempu dan Hyang.

Kata Lempu berarti sinar, sedangkan Hyang adalah sebutan untuk Tuhan. Maksudnya adalah sinar Tuhan yang terang. Hal itu tidak terlepas dari posisi pura ini yang ada di bagian Timur Bali. Tempat matahari terbit dari ufuk Timur, menyorot indah ke Pura Lempuyang.

Di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa Lempuyang berasal dari kaya empu (menjaga). Hal itu dikaitkan dengan perintah dari Sang Hyang Pasupati yang mengutus tiga keturunannya menjaga Bali Dwipa.

Sejarah Pura Lempuyang

Jika menilik pada bukti sejarah seperti Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul. Di sana terdapat tulisan bahwa Sang Hyang Prameswara dan Sang Hyang Pasupati telah membawa setiap gunung yang ada di Bali dari Jambudwipa yaitu Mahameru.

Menurut cerita yang dipercayai oleh penganutnya, Mahameru sengaja dipecah menjadi 3 bagian. Bagian tengah Gunung Mahameru menjadi Gunung Batur dan Gunung Rinjani. Bagian puncak gunung telah berubah menjadi Gunung Agung.

Di mana gunung tersebut adalah gunung tertinggi di Bali. Sedangkan beberapa pecahan kecil lainnya telah berwujud deretan gunung yang saling terhubung. Di dalam lontar itu pula ada perintah dari Sang Hyang agar Sang Hyang Agni Jaya Sakti turun ke Bali.

Kesejahteraan Pulau Bali

Perintah turunnya Sang Hyang Agni Jaya Sakti tidak lepas dari tugas mensejahterakan Pulau Bali. Akhirnya beliau tinggal mendirikan istana di Pura Luhur Lempuyang. Ada juga beberapa dewa lain yang ikut turun mendampingi Sang Hyang Agni.

Di pura itulah, Sang Hyang Gni Jaya melakukan tapa, semedi juga yoga. Di mana hal itu dilakukan untuk mencapai kesempurnaan batin dan dinyatakan moksa. Pura Luhur Lempuyang merupakan tempat untuk memuja Ida Hyang Iswara sebagai penegak kebenaran dan penuntun rohani.

Hal Menarik di Pura Agung Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang punya daya tarik menakjubkan selain sebagai tempat ibadah agama Hindu. Di sini Anda akan menemukan spot terbaik yang populer dengan sebutan Gates of Heaven atau Gerbang Surga.

Inilah yang menjadi favorit wisatawan ketika berkunjung kesini. Sebenarnya, tempat itu adalah gerbang utama menuju lokasi pura. Karena penampakannya yang indah, menjadi daya tarik tersendiri. Dari spot tersebut terlihat betapa gagahnya Gunung Agung dari kejauhan.

Bukan hal mudah, untuk mencapai lokasi gerbang utama pengunjung harus menaiki ribuan anak tangga. Dari atas pura tersebut Anda bisa melihat landscape alam Bali yang memukau. Pada ketinggian 1175 mdpl nampak perbukitan luas membiru di kejauhan.

Alamat Menuju Pura Lempuyang

Pura Lempuyang terletak di desa Adat Purwayi, Abang, Karangasem, Bali. Apabila Anda mulai bergerak dari pusat Kota Bali. Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan menuju kawasan pura. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Perlu Anda ketahui setiap pengunjung yang ingin ke Pura Lempuyang harus memakai kain khusus. Harga tiket Rp 50.00, sudah termasuk kain.

Itulah ulasan mengenai Pura Penataran Agung Lempuyang Bali. Tempat epik melihat alam Bali dari ketinggian. Tetap jaga sikap saat berkunjung.

 

Galeri untuk Pura Penataran Agung Lempuyang; Landscape Alam Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *