Santirah Pangandaran, Area River Tubing yang Berhimpitan

Jejak Traveling

Santirah Pangandaran

Santirah Pangandaran merupakan wisata alam yang terkenal dengan atraksi river tubing menelusuri keindahan sungai. Arusnya tidak terlalu besar dengan pemandangan alam indah dan sungai jernih. Ada pula air mengalir bagai wisata ait terjun meski tidak begitu besar.

Santirah Pangandaran

Bagi penyuka wisata alam, untuk menghilangkan penat, ada destinasi bagus Sungai Santirah. Letaknya berada di Pangandaran dan sudah terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Airnya sangat jernih dengan pemandangan alam yang indah.

Bagaimana tidak, sungai ini memang berada di kawasan hutan sehingga sangat natural. Jika Anda melihat sekeliling, ada relife batuan kars yang menjulang tinggi. Lengkap pula dengan pesona dua air terjun di bagian kanan dan kiri sungai.

Makin seru jika bisa menyusuri cave tubing yaitu area tubing memasuki goa panjang dan gelap. Jika ingin lebih memacu adrenalin, di Santirah River juga ada spot loncat. Puas berwisata air, pengunjung bisa mampir ke tempat makan untuk menikmati nasi liwet hangat.

Hal Menarik di Green Santirah Pangandaran

Ada banyak sekali kegiatan menarik di Green Santirah. Salah satunya adalah menyusuri sungai sejauh 1,5 km. Biasanya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di bagian ujung. Lebih dari pada itu, ini dia daya tarik Santirah Pangandaran yang begitu mencolok.

  1. Alam yang Begitu Memukau

Berkunjung ke Pangandaran, Anda akan menemukan pesona alam yang sangat memukau. Salah satunya ada di Green Santirah. Di mana alam hijau menyegarkan mata berpadu dengan air jernih yang dihiasi tebing batu.

Bagi Anda yang tertarik untuk akses Santirah lebih jauh. Pasti menemukan hal menakjubkan lainnya. Salah satunya adalah pemandangan dari 4 lorong gua yang terbentuk alami. Lorong tersebut terbentuk dari batuan karst.

  1. River Tubing

River tubing merupakan kegiatan favorit wisatawan yang berkunjung kesini. Fasilitas atau alat sudah tersedia begitu pula dengan pemandu wisata. Mula-mula pengunjung akan diberi ban hasil modifikasi. Lengkap pula dengan pelampung sebagai keselamatan.

Menaiki ban tersebut, sekelompok wisatawan akan mengikuti aliran sungai. Mulanya memang masih standar namun di detik selanjutnya, hal menegangkan akan segera terjadi. Arus sudah mulai deras dan bergelombang. Pastinya liburan jadi lebih seru dan mengasikkan.

  1. Air Terjun Alami

Tidak hanya kenampakan sungai dengan olahraga ekstrimnya, Green Santiran juga menyuguhkan pemandangan 5 air terjun sekaligus. Iya, di sini pengunjung bisa mandi di bawah guyuran air yang mengalir dari ketinggian.

Air terjun ini terbentuk secara alami dengan debit tidak terlalu besar. Pemandangan alam sekitar juga tak kalah eksotis. Apalagi dengan himpitan tebing tinggi di bagian kanan dan kiri sungai. Memberi sensasi seolah berada di negeri antah berantah.

Harga Tiket Masuk Santirah Pangandaran

Pangandaran memang memiliki tempat epik nan memorable untuk dijelajahi. Tentu saja dengan harga tiket yang berbeda-beda. Di Green Santirah sendiri, jumlah ongkos masuk disesuaikan dengan paket pilihan. Berikut ulasan mengenai setiap paket.

Enaknya memang membawa banyak rekan kesini supaya harga lebih murah. Pasalnya untuk paket 1-2 orang tanpa makan kena biaya Rp 175000. Sedangkan untuk 3-5 orang dengan makanan tambahan juga Rp 175000.

Jika Anda memesan paket tour untuk 6 – 9 orang sekaligus plus makan harganya Rp 160.000. namun jika tanpa makanan tambahan cukup Rp 135.000. perhitungannya semakin banyak anggota kelompok harga bisa makin murah.

Alamat Menuju Santirah Pangandaran

Obyek wisata alam Santirah berada di Desa Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Sebenarnya lokasi tersebut berada di tengah-tengah wisata Pantai Pangandaran dan Gree Canyon. Apabila Anda mengambil rute dari pantai, mungkin membutuhkan waktu 1 jam perjalanan.

Akses jalan menuju wisata ini sudah baik sehingga bisa Anda tempuh menggunakan motor maupun mobil. Cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga. Namun untuk beberapa kegiatan seperti tubing dan body rafting sebaiknya hanya orang dewasa saja.

Perjalanan jauh dan melelahkan memang, namun ketika sampai lokasi rasakan kesegaran udara, suara gemericik air, juga angin yang berhembus begitu pelan. Seolah-olah alam telah menyambut kedatangan Anda.

Ulasan mengenai destinasi wisata Santirah Pangandaran di atas bisa menjadi referensi tujuan liburan yang menantang. Cocok bagi mereka yang suka berinteraksi dengan alam terbuka.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment