Umbul Manten; Kisah Penuh Misteri Dibalik Pesonanya

Jejak Traveling

Umbul Manten

Saat liburan telah tiba biasanya orang-orang akan mengisi waktu dengan berwisata ke suatu daerah, salah satunya ke daerah Klaten. Tidak hanya terkenal dengan wisata candi bersejarah saja, melainkan juga terdapat umbul atau mata air seperti Umbul Manten yang sedang hits.

Mungkin wisatawan lokal maupun mancanegara lebih populer dengan Yogyakarta yang terkenal memiliki banyak sekali objek wisata yang indah. Meskipun begitu, Klaten yang terletak tidak jauh dari Yogyakarta juga memiliki beragam objek wisata menarik untuk Anda kunjungi.

Sekilas Tentang Mata Air Manten

Jika membahas tentang objek wisata mata air Manten pasti langsung menarik rasa penasaran orang-orang. Pasalnya, mata air Manten ini termasuk umbul di Klaten yang bagus sehingga wajib Anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat lainnya.

Selain Umbul Ponggok, umbul atau mata air Manten ini memiliki daya tarik tersendiri dan letaknya juga berdekatan dengan Umbul Ponggok. Terdapat bentuk kolam yang cantik serta menawan dan juga mata airnya sangat jernih.

Begitu sampai di objek wisata satu ini, pasti Anda sudah tidak sabar untuk segera bermain air karena sangat menyegarkan. Bahkan Anda juga bisa melihat bagian dasar dari kolam yang berada di kawasan objek wisata Umbul Manten ini.

Mata air Manten ini memiliki panjang 70 meter sedangkan lebarnya 40 meter, untuk kedalaman kolam mencapai 1,5 meter. Selain itu, sekeliling objek wisata satu ini masih alami dan asri karena terdapat pohon-pohon rindang yang menambah kesejukan.

Asal Mula Umbul Manten

Asal Mula Umbul Manten

Mata air Manten tidak hanya terkenal karena memiliki mata air yang jernih dan pesona area wisata yang masih asri. Namun asal usul umbul satu ini juga sangat menarik untuk orang-orang ketahui, kenapa disebut Umbul Manten?

Mata air Manten ini ternyata memiliki legenda atau kisah masa lalu yang masih orang-orang percaya hingga sekarang. Menurut cerita, dahulu ada sepasang pengantin baru yang melanggar wejangan atau nasehat dari kedua orang tua untuk tidak pergi bersama sebelum 40 hari.

Akan tetapi, pasangan suami istri ini malah tetap keluar rumah dan pergi di kawasan mata air setelah maghrib. Sang suami berjalan terlebih dahulu di depan sang istri dan keduanya empat berhenti di bawah pohon untuk memastikan keberadaan satu sama lain.

Namun, saat menengok ke belakang sang suami tidak melihat keberadaan sang istri dan juga sebaliknya. Bahkan hingga saat ini tidak ada orang yang mengetahui keberadaan pasangan suami istri ini sehingga umbul tersebut kemudian bernama Manten.

Bahkan ada pula legenda Umbul manten versi lainnya, yaitu mata air Manten ini memiliki dua sumber yang bernama Umbul Pelem atau sumber air perempuan dan Umbul Peteng sebagai sumber air laki-laki sehingga bernama manten.

Lokasi Objek Wisata Mata Air Manten

Umbul bernama Manten ini memang sangat menarik dan mampu membuat wisatawan merasa penasaran sehingga tidak sabar untuk berkunjung. Tidak heran jika banyak orang-orang yang bertanya perihal alamat hingga rute perjalanan menuju objek wisata satu ini.

Umbul Manten yang sedang hits ini berlokasi di Dusun Janti, Desa Janti, Polanharjo, Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju objek wisata mata air satu ini, Anda bisa menggunakan jalur dari Jogja maupun dari Solo yang lebih dekat.

Dari Kota Solo, Anda perlu menempuh perjalanan selama satu jam menuju mata air Manten sedangkan dari jogja membutuhkan 2 jam perjalanan. Namun, objek wisata ini bisa Anda jangkau menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Sebenarnya lokasi mata air Manten juga tidak jauh dari Umbul Ponggok sehingga wisatawan bisa menjangkaunya dengan mudah. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Yogyakarta bisa menggunakan jalur Jogja Solo melalui Jl. Pemuda dan lanjur melewati Jl. Sersan Sadikin.

Sedangkan jika memulai perjalanan dari Solo, bisa menggunakan Pasar Tegal Gondo sebagai patokan. Sampai pasar, Anda harus belok kanan hingga melewati Jalan Tegalgondo, Janti hingga menemukan pemancingan Dewi Anjar dan lokasi mata air tidak jauh dari pemancingan.

Daya Tarik Objek Wisata Mata Air Manten

Daya Tarik Objek Wisata Mata Air Manten

Mungkin Anda tidak menyangka jika Umbul Manten tidak kalah menariknya dengan Umbul Ponggok yang jauh lebih terkenal. Pasalnya, umbul atau mata air Manten ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memanjakan para wisatawan yang datang.

1.       Kolam Pemandian yang Jernih

Ketika liburan telah tiba, pastinya sebagian besar masyarakat tengah mempersiapkan rencana untuk berwisata ke berbagai daerah. Biasanya daerah destinasi yang pertama adalah Yogyakarta yang terkenal memiliki pantai indah dan bersih layaknya baik.

Tidak hanya Yogyakarta saja, namun Klaten juga tidak ada salahnya menjadi destinasi wisata yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya mata air Manten, banyak daya tarik Umbul Manten yang akan memukau para wisatawan sehingga betah dan ketagihan untuk datang kembali.

Salah Satu daya tarik dari umbul bernama Manten ini memiliki kolam yang berisi air jernih seperti kaca. Sehingga semua orang yang berkunjung bisa melihat dasar dari kolam yang indah nan eksotis.

2.       Pemandangan Alam yang Asri

Objek wisata Umbul Manten ini tidak kalah cantiknya dengan objek wisata Umbul Ponggok yang sedang populer di masyarakat saat ini. Bahkan lokasi mata air Manten ini juga berdekatan dengan Umbul Ponggok sehingga lebih mudah untuk menjangkaunya.

Daya tarik lainnya dari mata air Manten adalah pemandangan sekitar yang masih alami serta sangat asri sehingga nyaman. Banyak pohon rindang yang tumbuh di sekitar objek wisata termasuk di sekitar kolam pemandian yang dapat menambah kesegaran.

Tidak perlu khawatir kepanasan saat berwisata ke mata air Manten karena banyak tempat berteduh dan lingkungannya juga sejuk. Pesona mata air Manten memang patut Anda nikmati terlebih bisa menghilangkan stres akibat padatnya rutinitas dengan berwisata ke tempat ini.

3.       Aktivitas Air Menyenangkan

Siapa yang tidak suka bermain air? Tentunya semua orang sangat senang bermain air, baik anak-anak hingga orang dewasa. Tidak heran jika saat berwisata orang-orang lebih memilih ke pantai atau destinasi wisata yang berhubungan dengan air lainnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan Umbul Manten ke daftar destinasi wisata wajib. Pasalnya, banyak daya tarik yang tersembunyi dari objek wisata mata air satu ini yang belum banyak orang ketahui.

Di mata air manten ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang, menyelam, atau berfoto di bawah air. Pastinya bermain di mata air Manten sangat menyegarkan hingga membuat wisatawan betah berlama-lama.

4.       Spot Foto Instagramable

Biasanya saat berkunjung ke Klaten, para wisatawan akan langsung menuju ke Umbul Ponggok untuk bermain air. Selain Umbul Ponggok, Anda juga bisa berkunjung dan menikmati keindahan di mata air Manten yang lokasinya juga berdekatan.

Lokasi umbul bernama Manten ini berada di jalan Tegalgondo, Janti dan Anda bisa melihat dari Maps agar lebih mudah. Banyak spot menarik yang tersedia untuk Anda nikmati ketika berkunjung ke mata air satu ini.

Terkenal memiliki mata air yang jernih seperti kaca. Anda bisa melakukan kegiatan di bawah air seperti berfoto di bawah air. Selain itu, beberapa sudut di objek wisata Umbul Manten ini bisa menjadi spot foto yang Instagramable.

5.       Berburu Sumpil Buntung

Biasanya Anda akan menemukan keong sumpil di laut, namun di mata air Manten juga terkenal dengan sumpil buntungnya. Bahkan keberadaan sumpil buntung ini terkenal hingga sekarang dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Perlu Anda ketahui, ada legenda sumpil buntung yang melekat dengan mata air Manten menurut cerita zaman dahulu. Pasalnya, sumpil yang berada di tepian umbul buntung karena terkena perkataan atau sabda raja sehingga berbentuk tumpul.

Sumpil buntung merupakan keong sungai yang memiliki cangkang berwarna hitam atau coklat tua dan bentuknya pendek atau tidak runcing. Saat berwisata ke mata air Manten , Anda bisa mencoba berburu sumpil buntung yang unik serta menggemaskan.

6.       Tempat Perayaan Tradisi Padusan

Umbul Manten biasanya juga menjadi tempat perayaan tradisi padusan oleh masyarakat setempat dan para wisatawan. Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang tradisi padusan menjelang Ramadhan bukan? Paduan biasanya terselenggara sehari sebelum hari pertama puasa.

Dan mata air Manten termasuk salah satu tempat favorit masyarakat untuk melakukan tradisi tersebut. Baik masyarakat sekitar maupun wisatawan berkumpul di umbul ini hingga mencapai 2.000 orang untuk momen padusan.

Pasalnya, lokasi mata air Manten ini masih asri dengan banyaknya pohon rindang terlebih airnya juga sangat jernih. Tentu sangat menyegarkan jika menyelenggarakan padusan di tempat ini, bahkan orang-orang tidak akan kepanasan selama berendam.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang Tersedia umbul manten

 

Apa saja fasilitas yang tersedia di Umbul Manten? Tidak hanya daya tarik saja, namun fasilitas yang tersedia juga harus Anda ketahui. Tentu tidak nyaman rasanya jika berwisata ke suatu tempat tetapi fasilitas yang tersedia tidak memadai.

1.       Wahana Jaring dan Terapi Ikan

Mengapa air harus berwisata ke mata air Manten? Karena wisata air satu ini cocok untuk tempat liburan keluarga dan membawa anak-anak. Tentunya anak-anak akan merasa senang untuk bermain air di umbul yang memiliki air jernih dan menyegarkan ini.

Tidak hanya itu saja, terdapat fasilitas lain yang tidak kalah menarik saat berwisata ke Umbul Manten bersama keluarga tercinta. Salah satunya terdapat wahana jaring ikan yang bisa Anda gunakan untuk mengedukasi anak sambil menghabiskan waktu bersama.

Selain menjaring ikan, Anda juga bisa mengajak anak-anak dan anggota keluarga lainnya untuk menikmati terapi ikan. Dengan terapi ini tentu banyak manfaat yang bisa Anda peroleh termasuk liburan menjadi semakin menyenangkan.

2.       Tempat Makan

Saat berkunjung ke objek wisata, tentu bukan hanya wahana yang menjadi tujuan utama setia wisatawan yang datang. Namun, kuliner khas mata air manten juga kerap menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Di sekitar objek wisata mata air Manten ini terdapat sejumlah tempat w=makan yang bisa Anda kunjungi ketika lapar. Selain itu, Anda juga bisa mencoba masakan lezat dan menggiurkan yang khas di daerah tersebut.

Harga makanan di sekitar objek wisata juga tergolong murah sehingga sangat terjangkau dan tidak membuat kantong bolong. Terlebih masakan ala warung tenda di area wisata Umbul Manten juga tidak kalah lezatnya dengan masakan ala restoran.

3.       Kamar Ganti

Jangan lupa untuk membawa baju ganti ketika hendak berencana mengunjungi mata air Manten yang sedang populer ini. Pasalnya, banyak kegiatan menarik dan berhubungan dengan air sehingga wajib Anda coba semua.

Tidak perlu khawatir ketika berwisata ke umbul ini karena fasilitas sumber mata air Manten juga sudah memadai untuk para wisatawan. Seperti tersedianya kamar ganti tentu sangat penting bagi pengunjung yang hendak bermain air atau sesudah bermain air.

Dengan adanya kamar ganti ini, para pengunjung tidak perlu bingung atau khawatir lagi untuk berganti pakaian. Tanpa harus keluar area wisata untuk mencari kamar mandi atau kamar ganti pakaian sehingga melelahkan.

4.       Toilet

Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah sudah tersedia toilet bagi para pengunjung. Tidak hanya mengedepankan daya tarik, pengelola Umbul Manten juga berusaha menyediakan fasilitas lengkap dan nyaman bagi para pengunjung.

Mungkin Anda pernah menjumpai saat berwisata dengan tidak adanya fasilitas yang lengkap atau memadai. Pastinya berwisata tidak akan nyaman atau bahkan tidak akan betah berlama-lama berada di objek wisata tersebut.

Dengan tersedianya toilet terlebih kebersihan terjaga tentu menjadi nilai tambah bagi objek wisata mata air manten ini. Pasalnya, para wisatawan akan tertarik untuk berkunjung dan betah berlama-lama melakukan berbagai aktivitas di Umbul Manten ini.

5.       Mushola

Tidak hanya kamar ganti dan toilet yang orang-orang butuhkan ketika berwisata, namun juga tempat beribadah. Saat berwisata tentunya sebagian besar orang tidak akan melupakan kewajibannya kepada Sang maha Pencipta.

Tenang saja, Anda tidak perlu ragu untuk mengunjungi mata air Manten ini karena fasilitas yang tersedia tergolong lengkap. Termasuk dengan adanya Mushola bagi umat muslim yang hendak beribadah ketika berwisata.

Orang-orang yang berwisata tentu membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa menikmati berbagai wahana. Selain itu, dengan adanya fasilitas yang lengkap setiap pengunjung bisa melakukan aktivitas lain tanpa harus meninggalkan area wisata.

6.       Tempat Parkir

Ada banyak umbul terdekat yang berada di kawasan Tegalgondo ini, seperti umbul Ponggok dan mata air Manten. Bahkan objek wisata di Klaten ini tidak kalah menarik dengan berbagai objek wisata yang terdapat di Yogyakarta.

Banyak umbul yang memiliki mata air yang jernih dan menyegarkan, bahkan banyak pula tempat bersejarah. Objek wisata yang menarik untuk Anda kunjungi salah satunya mata air Manten yang memiliki kisah melegenda hingga saat ini.

Mengapa harus datang ke Umbul Manten? Tidak hanya wahana, tetapi fasilitas yang tersedia sangat nyaman. Tersedia lahan parkir yang luas baik untuk parkir kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

Berapa harga tiket Umbul Manten? Setelah mengetahui daya tarik dari mata air Manten, pasti Anda langsung penasaran dengan harga tiketnya. Harga tiket masuk ke objek wisata mata air Manten ini tergolong sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang.

Anda bisa berkunjung ke mata air Manten ini setiap hari atau Senin sampai Minggu bersama keluarga atau teman dekat. Jam operasional objek wisata ini mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB sehingga Anda bisa puas bermain air sambil menikmati pemandangan sekitar.

Demikian ulasan tempat Umbul Manten yang memiliki kisah misteri dan masih melegenda hingga saat ini. Di balik kisah tersebut, mata air manten ini terkenal sangat menyegarkan sekaligus menyenangkan sebagai objek wisata terkini.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment